budidaya ikan guppy Bagi pecinta ikan hias, mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan satu ini, namanya ikan Guppy. ikan yang berasal dari Amerika tengah dan Amerika Selatan ini kini juga dibudidaya di tanah air.

Selain karena dinilai lebih mudah dipelihara juga harganya ekonomis dan tak menguras kantong. karena cukup mudah memeliharanya, maka ikan Guppy juga cocok bagi pemula yang ingin terjun ke bidang ikan hias. artikel kali ini akan membahas tentang tips memelihara dan budidaya ikan Guppy yang bisa dijadikan referensi bagi yang ingin memeliharanya.

budidaya ikan guppy

Tentang ikan Guppy

Guppy merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak diminati untuk dipelihara. selain harganya cukup terjangkau memeliharanya juga cukup gampang.

Jenis ikan satu ini merupakan ikan air tawar tropis. asalnya dari Amerika Selatan dan Amerika tengah. sekarang sudah sangat mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia.

Terdiri lebih dari 300 jenis, ikan ini punya warna ukuran dan bentuk ekor yang unik. tapi berlakunya sama bersikap tenang dan damai dan tidak agresif. hal inilah alasan  ikan Guppy cocok dipelihara untuk pemula. ini tips memelihara ikan guppy untuk pemula. Ikan Cupang Hias

Tips pelihara ikan Guppy untuk pemula

Sediakan perlengkapannya

Pelihara ikan Guppy, sediakan perlengkapannya. meliputi wadah budidaya aerator dan juga tanaman air. Bisa gunakan bak semen, akuarium, bahkan ember plastik untuk pemijahan.

Ada yang digunakan ini punya empat fungsi. sebagai tempat pemijahan, untuk memisahkan indukan, tempat pendederan dan tempat penetasan. Yosua dah bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. wadah saran tidaknya memiliki tinggi.

Memilih indukan yang baik

Sama seperti memilih bibit unggul ketika petani, memilih indukan ikan Guppy juga sangat penting. agar pemeliharaan nantinya berjalan sukses. jangan pilih betina yang pasif atau berdiam diri di permukaan atau bagian dasar akuarium pilih ikan yang sehat yang biasanya proporsi tubuh dan kepalanya sempurna sisiknya juga rapi dan sehat.

Pemisahan indukan

Pisahkan lebih dahulu jantan dengan betinanya sebelum dipijah. kemudian taruh di wadah yang terpisah dan tentunya kualitas air harus bersih. lakukan bergantian air 3 kali sehari. saat sedang berlangsung proses ini berikan makanan seperti biasanya dua kali sehari. jadwal makanan yang rutin membuat indukan lebih fit dan sehat dalam proses pemijahan.

Proses pemijahan

Isi wadah pemijahan pakai air bersih yang sudah diendapkan sebelum proses pijah. untuk kedalaman air yang diperlukan yakni 25 cm jangan lupa datanya tak lebih dari 30 ekor ikan per 10 per 100 liter air.

Pemijahan ini bisa dilakukan sekaligus. lebih dianjurkan pemijahan secara massal sebab prosesnya lebih ekonomis cepat dan praktis. biasanya proses pemijahan perlu waktu sekitar seminggu atau bisa kurang hanya 4 hari yang saja.

Jaga kualitas air

Proses penetasan ini tergantung kualitas air. air harus bersih. untuk menjaga kualitas air bisa dengan mengganti nya setiap satu sampai tiga hari. setiap 2 hari berikan makanan pada induk.

Sebagai ikan ovovivipar yang beranak dan bertelur, ikan grupi  videonya berkembang di dalam telur. sampai menetas telur tetap berada di dalam tubuh induk. selama kehamilannya sekitar 3 sampai 4 Minggu sejak pemijahan.

Nah itulah tadi informasi tentang cara budidaya ikan Guppy untuk pemula. agak ribet memang jika harus memulai dari awal. tapi biasanya, bagi yang memang punya hobi dan berniat membudidaya, akan menikmati proses budidaya ikan ini.

Demikian, untuk pembahsaan kali ini tentang tips memelihara dan budidaya ikan guppy relatif mudah. semoga informasi ini bermanfaat follow blog Aldi IPB.

Tags:

Comments are closed.